Bahan sermon PJJ 25 Agustus 2021

Rut 3:1-18

Bacaan teks terbagi menjadi tiga bagian

A         Rut dan Naomi (ay. 1-5)

B         Rut dan Boas (ay. 6-15)

A`        Rut dan Naomi (ay. 16-18)

Struktur konsentris A B A` di atas memperlihatkan bahwa pokok narasi terletak pada B ayat 6-15 yang diapit oleh narasi Rut dan Naomi (ay. 1-5; ay. 16-18).

1. Naomi bertanggung jawab terhadap masa depan Rut. Naomi mempersiapkan dengan matang dan merencanakan kebutuhan Rut akan perlindungan dan suami (ay. 1-5). Naomi menyadari bahwa ada pihak keluarga selain Boas yang bertanggung jawab atas kehidupan Rut. Nampaknya Naomi melihat Rut lebih cocok bila menikah dengan Boas yang juga mempunyai kewajiban untuk memberi perlindungan kepada Rut yang adalah janda Mahlon anak Naomi (Rut 4:10). Boas adalah kaum Elimelekh (Rut 2:1), seorang yang kaya raya dan berpengaruh dalam masyarakat (Rut 4).

2. Penebusan. Dalam kitab Rut kata menebus (goel) digunakan sebanyak 22 kali (Rut. 2:20; 3:9, 12 (2 kali), 13 (4 kali); 4:1, 3, 4 (5 kali), 6 (5 kali), 8, 14). Konsep menebus menyatakan bahwa setiap anggota keluarga wajib bertanggungjawab untuk memberi perlindungan terhadap anggota keluarga yang lain. Tanggung jawab perlindungan terhadap keluarga yang lain diberikan dalam bentuk.

  • pembelian kembali harta keluarga (Im. 25:25).
  • pembelian kembali saudara yang menjadi budak (Im. 25:47-55)
  • membalaskan kematian saudara yang dibunuh (Bil. 35; Ul. 19:6)
  • perkawinan levirat yakni saudara yang meninggal tanpa mempunyak anak laki-laki, maka saudaranya menikahi janda itu sehingga saudara yang mati memiliki ahli waris (Ul. 25:5-10).

3. Rut di pengirikan (ay. 6-15). Rut melakukan tepat seperti yang diperintahkan Naomi kepadanya. Dengan sabar Rut menanti hingga Boas membaringkan dirinya untuk tidur.

  • Rut mengingatkan Boas akan tanggung jawab terhadap keluarga untuk menjadi penebus terhadap dirinya sebagai janda Mahlon (ay. 9).
  • Boas memuji keinginan Rut di mana Rut mementingkan keluarga sebagai penebus. Rut tidak mencari suami seorang yang lebih muda atau kaya (ay. 10).

4. Boas menyatakan bahwa ada anggota keluarga lain yang lebih dekat yang memiliki tanggung jawab juga sebagai penebus. Naomi mungkin telah memperkirakan bahwa Boas akan menerima tanggung jawab sebagai penebus ketimbang anggota keluarga lain itu. Boas membawa permintaan Rut kepada tua-tua di pintu gerbang kota. Pintu gerbang kota adalah tempat pemimpin mengadili dan menyelesaikan perkara dan masalah masyarakat.

Pdt. Armand Barus