PA PERMATA 27 Mei 2021

Roh Allah Diam di Dalamku

Pentakosta

Roma 8: 9 – 17

8:9 Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.
8:10 Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran.
8:11 Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.
8:12 Jadi, saudara-saudara, kita adalah orang berhutang, tetapi bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging.
8:13 Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup.
8:14 Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.
8:15 Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: “ya Abba, ya Bapa!”
8:16 Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah.
8:17 Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.

Agar PERMATA GBKP:

  1. Mampu menyadari bahwa Roh Allah bekerja di dalam kehidupannya.
  2. Mampu menceritakan dan menyaksikan perubahan hidup karena karya Roh Allah

Metode: Sharing Iman (Perubahan Hidup)

I. PENDAHULUAN

Syalom sahabat-sahabat PERMATA GBKP. Sebuah mobil baru bisa berjalan bila ada mesin penggerak di dalam rangkanya. Mesin inilah yang membuat gaya dorong terhadap ban yang membuat mobil ini bisa berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Demikian juga dengan kehidupan kita, tubuh kita hanya segumpal daging dengan tulang bilamana tidak ada roh yang menggerakkannya. Tetapi kita juga harus tau bahwa di dunia ini ada rupa-rupa roh, ada roh jahat dan ada Roh Kudus. Roh Kudus datangnya dari Allah, dan bila Roh Allah ada di dalam kita kita dapat melakukan perkara-perkara besar bersama Dia.

II. ISI

Sahabat PERMATA GBKP, pertama kali Roh Kudus turun adalah pada hari Pentakosta, hari ke lima puluh setelah Tuhan Yesus bangkit dari antara orang mati, dan hari ke sepuluh setelah Tuhan Yesus naik ke surga (Kisah Rasul 1-2). Apa yang menarik dari peristiwa Pentakosta adalah murid-murid yang dirundung kedukaan, kehilangan pegangan, tidak punya keberanian setelah Tuhan Yesus disalib, berubah. Mereka yang awalnya lebih memilih bersembunyi di atap rumah dan dalam kebimbangan, kemudian dihinggapi Roh Kudus yang membangunkan iman percaya mereka lebih luar biasa. Apa yang tidak bisa mereka lakukan, karna keterbatasan kemanusiaannya diurapi Tuhan hingga mereka bisa berbahasa asing oleh tuntunan Roh Kudus. Bahkan Petrus yang awalnya menyangkal Tuhan Yesus ketika di salib, setelah pencurahan Roh Kudus dengan sangat bersemangat menyaksikan kebaikan Allah dan pekerjaan Tuhan Yesus untuk menebus banyak orang, dan 3000 orang bertobat pada hari Petrus berkhotbah seharian lamanya. Itulah sebabnya Pentakosta begitu penting bagi sejarah perkembangan iman Kristen mula-mula. Sahabat PERMATA GBKP, semua orang percaya sejak menerima Yesus Kristus sebagai juruselamat dan Tuhan memiliki Roh Allah di dalam diri mereka. Pada saat kita berdoa dan sungguh-sungguh membuka hati kepada Yesus, RohNya telah dicurahkan kepada kita. Karena dosa sudah mempengaruhi bukan saja kerohanian kita tetapi juga tubuh kita (ay.10), yang menyebabkan kecenderungan kedagingan kita lebih tinggi, itu sebabnya tubuh kita harus mati atau harus diubahkan. Karena dosa membawa kehendak kita kepada hal-hal yang tidak baik, kenajisan, perzinahan, kebencian, kepentingan diri sendiri. Jadi kalau tidak sungguh sungguh mau diubahkan kita akan menerima hukuman dari kedagingan kita itu yakni kematian. Akan tetapi, karena kristus ada di dalam diri kita kini kita mengalami hidup dalam Roh. Oleh karena itu jangan ragu untuk digerakkan oleh Roh Kudus. Tuntunan Roh Kudus membawa kita kepada kualitas hidup yang baik. Tuntunan Roh Kudus pastilah hal-hal yang membuat kita semakin berguna dan mematikan hal-hal yang buruk dari pikiran, ucapan dan tindakan begitu pun dengan pekerjaan dan pilihan hidup yang bertentangan dengan kehendak Allah. Jikalau seseorang terus menerus mematikan perbuatan-perbuatan tubuh yang buruk, maka dia sedang dipimpin Roh dan yang pimpin Roh Kudus adalah anak-anak Allah (ay.14). walau untuk menjadi anak-anak Allah bukan jalan yang mudah tetapi jalan penuh penderitaan tetapi orang yang dituntun Roh Kudus menciptakan di dalam diri kita kasih dan keyakinan, bahwa yang bersama dalam penderitaanNya akan dimuliakan bersama-sama dengan Dia.

III. APLIKASI

Jika sebuah mobil dapat bergerak karena ada mesinnya, biarlah kehidupan kita juga bergerak kearah yang lebih baik melalui tuntunan Roh Kudus dalam hidup kita. Bagaimana agar Roh Allah berkarya di dalam kita adalah dengan rajin membaca Firman Tuhan, berdoa dengan sungguh-sungguh, mendengarkan khotbah dan ajaran yang saleh, menjalankan pernyataan pernyataan Roh, memperhatikan nasehat orang tua dan para pemimpin agama Kristen yang dapat dipercaya Dengan demikian Roh Allah yang telah berdiam di dalam diri kita akan menggerakkan kerohanian kita untuk bertumbuh, menggerakkan jasmani kita untuk semakin sehat dan menggerakkan kemauan serta keberanian kita untuk melakukan hal-hal hebat dan maju dalam kehidupan kita. Karena kehendak Allah dalam hidup kita adalah rencana keselamatan dan tentang hari depan yang penuh harapan (Yeremia 29:11). Oleh karena itu saudaraku dengan tuntunan Roh Kudus dengan patuh dan taat kita mencari apa yang benar, yang baik yang patut untuk dipuji dalam hidup kita. Tetap matikan kehendak-kehendak dan perbuatan dosa dalam hidup kita walaupun diejek dan dijauhi teman -teman. Karena Roh Allah yang diam dalam tubuh kita menginginkan kita untuk menjadi serupa dengan Allah.

IV. SHARING IMAN (Perubahan Hidup)

PERMATA GBKP saling menceritakan dan menyaksikan perubahan hidup
karna karya Roh Kudus)

V. USULAN LAGU

  1. Bila Roh Allah ada di dalamku
  2. Allah Roh Kudus penuhi kami
  3. Karya Terbesar

Ketika Roh Kudus memimpin seseorang, maka ia memimpin pikirannya, emosinya, kehendaknya, dan seluruh kehidupan pribadinya.
(Pdt. Stephen Tong)

Pdt. Franti Br. Sembiring, S. Th