PA Permata 11 Juni 2020

“Kubereken Bagi Singena Ate Dibata”

Si Man Ogen

Kejadian 4: 1 – 16
Kain dan Habel

4:1 Kemudian manusia itu bersetubuh dengan Hawa, isterinya, dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Kain; maka kata perempuan itu: “Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN.”
4:2 Selanjutnya dilahirkannyalah Habel, adik Kain; dan Habel menjadi gembala kambing domba, Kain menjadi petani.
4:3 Setelah beberapa waktu lamanya, maka Kain mempersembahkan sebagian dari hasil tanah itu kepada TUHAN sebagai korban persembahan;
4:4 Habel juga mempersembahkan korban persembahan dari anak sulung kambing dombanya, yakni lemak-lemaknya; maka TUHAN mengindahkan Habel dan korban persembahannya itu,
4:5 tetapi Kain dan korban persembahannya tidak diindahkan-Nya. Lalu hati Kain menjadi sangat panas, dan mukanya muram.
4:6 Firman TUHAN kepada Kain: “Mengapa hatimu panas dan mukamu muram?
4:7 Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya.”
4:8 Kata Kain kepada Habel, adiknya: “Marilah kita pergi ke padang.” Ketika mereka ada di padang, tiba-tiba Kain memukul Habel, adiknya itu, lalu membunuh dia.
4:9 Firman TUHAN kepada Kain: “Di mana Habel, adikmu itu?” Jawabnya: “Aku tidak tahu! Apakah aku penjaga adikku?”
4:10 Firman-Nya: “Apakah yang telah kauperbuat ini? Darah adikmu itu berteriak kepada-Ku dari tanah.
4:11 Maka sekarang, terkutuklah engkau, terbuang jauh dari tanah yang mengangakan mulutnya untuk menerima darah adikmu itu dari tanganmu.
4:12 Apabila engkau mengusahakan tanah itu, maka tanah itu tidak akan memberikan hasil sepenuhnya lagi kepadamu; engkau menjadi seorang pelarian dan pengembara di bumi.”
4:13 Kata Kain kepada TUHAN: “Hukumanku itu lebih besar dari pada yang dapat kutanggung.
4:14 Engkau menghalau aku sekarang dari tanah ini dan aku akan tersembunyi dari hadapan-Mu, seorang pelarian dan pengembara di bumi; maka barangsiapa yang akan bertemu dengan aku, tentulah akan membunuh aku.”
4:15 Firman TUHAN kepadanya: “Sekali-kali tidak! Barangsiapa yang membunuh Kain akan dibalaskan kepadanya tujuh kali lipat.” Kemudian TUHAN menaruh tanda pada Kain, supaya ia jangan dibunuh oleh barangsiapapun yang bertemu dengan dia.
4:16 Lalu Kain pergi dari hadapan TUHAN dan ia menetap di tanah Nod, di sebelah timur Eden.

Shalom Permata???

PA Online Permata

Sudah rindu untuk bersekutu bersama?
Mendengarkan dan sharing Firman Tuhan bersama?
Kami mengundang seluruh teman-teman Permata untuk bersama sama terlibat dalam PA Online yang akan diadakan pada:

?: Kamis, 11 Juni 2020
⏰: 19.30 Waktu Anak Tuhan
?: Kubereken Bagi Singena Ate Dibata
?: Kejadin 4: 1 – 16
?: Dk. Vinolya Ertha br. Ginting
?: Pengurus Bid. Konsolidasi

PA Online secara live menggunakan aplikasi ZOOM
Stay tune ya Permata dan jangan lupa ajak teman yang lainnya ya…
see you! Bujur.. Tuhan simasu-masu??

Gelah PERMATA GBKP :

  1. Ngangkai Uga Dibata ngaloken persembahen Habil ras la ngaloken persembahen si Kain
  2. Mereken Persembahen Kerja Rani man Dibata

Metode: Aksi (Ikut muat bagin ibas Kerja Rani)

I. BENA KATA
Ibas Padan si Ndekah bage pe Padan si Mbaru melala itulisken sehubungen
ras persembahen, alu erbage-bage pengertin si rikutken paksana berlaku man bangsa Israel bage pe ibas masa pelayanen Jesus Kristus seh ku gereja mula-mula. Erkiteken si e guna memahami uga arusna kita ersembah ras mereken persembahen pengataken bujur lanai kita ngenen kubas pengertian hurufiah (persembahen tutungen, peraturen-peraturen ibas Israel, perkatan Yesus; persembahen diberu balu-balu, ndayaken erta, rsd). Sebab adi sibuat pengertin hurufiah kerna nehken persembahen pasti kita ndatken kesuliten-kesuliten si erbanca la kita ngasup nehken pengataken bujur man Tuhan.

Contoh kerumitenna, misalna, Uga kita nehken persembahen simehulina man Dibata rikutken aturen ibas Padan si Ndekah. Si iaturken adi persembahan berupa korban rubia-rubia eme, maka kata “..terbaik.” ertina: jantan lebih diutamakan (Imamat 1:3); berumur 3 tahun (I Samuel 1: 24); fisiknya sempurna (Imamat 3:1), warna merah (Bilangan 19: 2). Man bangsa Israel ibas paksa si e, hukum / peraturen e la banci lang harus ilakoken. Kesetian ras kepatuhan umat Israel nandangi persembahen tuhu-tuhu mengikat. Enda ngataken maka, adi patuh maka Israel ngaloken pasu-pasu tapi kinilasetian ras kinilapatuhen bangsa e nandangi aturen persembahen, banci mabai kubas cilaka.

Ibas Padan si Mbaru, persembahen la menentuken keselamaten, erkiteken kita enggo iselamatken. Tapi persembahen eme sebagai salah sada buah ucapan syukur. (Yohanes 3: 16; Mat. 22:21). (Persembahan yang kita lakukan saat ini bukan lagi sebagai “korban” baik untuk penebusan dosa atau sebagai “alat” untuk mendapatkan berkat dari Tuhan. Tuhan Yesus dengan karya penebusanNya telah memperbaharui secara mendasar makna persembahan. Jangankan sepersepuluh, mempersembahkan sepertiga atau setengah dari yang kita miliki pun tidak akan cukup untuk mensyukuri kebaikan Tuhan. Oleh karena itu Tuhan Yesus tidak pernah menyinggung soal jumlah dalam hal persembahan). Pembahasen ibas bahan PA sekali enda eme khusus kerna Persembahen Kerja Rani ibas Gerejanta GBKP.

II. ISI
Ibas teks enda si idah uga manusia keturunan pertama si enggo ndabuh kubas dosa nehken persembahen man Dibata. Tindaken Kain ras Habel selaku anak-anak Adam ras Hawa eme perbahanen si ncidahken kebenaren nandangi Tuhan. Tupung paksa si e lenga lit aturen guna nehken persembahen man Tuhan bagi si isehken Tuhan dungna man bangsa Israel. Teks enda memunculken dua pertanyaan si penting; si pertama, “Dari mana Kain dan Habel tahu bahwa persembahan mereka diperkenankan atau tidak diperkenankan Tuhan?”. Atas pertanyaan itu, muncul jawaban berikut: pertama, api turun dari langit dan membakar korban Habel, sedangkan korban Kain tidak diapa-apakan – bandingkan 1 Raja-Raja 18:38 persembahan Elia di Gunung Karmel; kedua, korban Habel asapnya lurus, sedangkan korban Kain asapnya berputar-putar. Si peduaken, “Mengapa Allah mengindahkan korban Habel, tetapi tidak mengindahkan korban Kain?”, Atas pertanyaan itu muncul pula berbagai tafsiran, antara lain: pertama, Kain mempersembahkan korban yang tidak berdarah, yaitu hasil tanaman, sedangkan Habel mempersembahkan hasil ternak yang berdarah, yaitu domba dan kambing; kedua, Kain mempersembahkan korban yang lebih sedikit daripada korban Habel; ketiga, Kain rupanya mempersembahkan buah- buah bungsu, sedangkan Habel mempersembahkan yang sulung.

Jawaban jawaban diatas tidak tertulis dalam Alkitab, hanya ada sedikit penjelasan terkait dengan persembahan Habel yang diterima Tuhan dalam Ibrani 11:4: “Karena iman Habel telah mempersembahkan kepada Allah korban yang lebih baik dari pada korban Kain. Dengan jalan itu ia memperoleh kesaksian kepadanya, bahwa ia benar, karena Allah berkenan akan persembahannya itu dan karena iman ia masih berbicara, sesudah ia mati” – Ibarani 11:4. Ibas teks enda labo lit ije ijelasken kai dasarna Dibata nulak persembahen Kain ras ngaloken persembahen Habel. Tapi sibanci sibuat pembelajaren arah teks enda, ternyata Tuhan bisa juga menolak atau tidak mengindahkan persembahan yang disampaikan manusia. Kain dan Habel sama-sama memberikan persembahan dalam bentuk materi dari hasil pekerjaannya. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan kualitasnya dan suasana hati dalam menyampaikannya.

Allah tidak kekurangan apapun karena Dia adalah pencipta dan pemilik semua yang ada. Allah pasti melihat lebih penting iman dan perilaku kehidupan daripada manusia yang menyampaikan persembahan. (Bdk. Yesaya 1:13; Jangan lagi membawa persembahanmu yang tidak sungguh, sebab baunya adalah kejijikan bagi-Ku. Kalau kamu merayakan bulan baru dan sabat atau mengadakan pertemuan-pertemuan, Aku tidak tahan melihatnya, karena perayaanmu itu penuh kejahatan. Kecemburuan dan iri hati adalah sifat yang harus dijaubkan untuk memberi persembahan kepada Tuhan.

III. PENGKENAINA
Ngataken bujur man Dibata alu mereken persembahen eme bagin sicukup penting ibas kegeluhenta selaku anak-anak Dibata. ( Pengucapan syukur mengambil bagian penting dalam kehidupan umat Allah. Seakan-akan pengucapan syukur itu seperti nafas yang tak ada hentinya dan tak boleh berhenti dari kehidupan kita. Ia merupakan satu hal yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan umat Allah ). Melala pedoman si itulisken ibas Alkitab uga sipayona nehken persembahen man Tuhan. Salah sada bagi siisehken Rasul Paulus ibas 2 Kor. 9:7 “Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita”. Itengah – tengah Gerejanta GBKP, salah sada persembahan si isehken man Tuhan eme Persembahen Kerja Rani.

Sebagai dasar Alkitab secara umum menjelaskan setelah peristiwa keluarnya bangsa Israel dari Mesir, Tuhan mengatur kembali tata cara pengelolaan tanah dan dibakukan oleh Musa untuk menjadi hukum yang harus mereka patuhi. Termasuk cara bagaimana mengelola hasil panen dari tanah yang digunakan mereka, dan mempersembahkannya sebagai tanda kepatuhan mereka beribadah kepada Allah yang sudah membebaskan mereka. Dalam Kitab Keluaran 34:21 – 22 dicatat, “Enam harilah lamanya engkau bekerja, tetapi pada hari yang ketujuh haruslah engkau berhenti, dan dalam musim membajak dan musim menuai haruslah engkau memelihara hari perhentian juga. Hari Raya Tujuh Minggu, yakni hari raya buah bungaran dari penuaian gandum, haruslah kau rayakan, juga hari raya pengumpulan hasil pada pergantian tahun”. Jelas, hidup bangsa Israel tidak terlepas dari iman dan ketaatan mereka kepada Tuhan, termasuk dalam mengatur musim membajak dan musim menuai (panen).

Ibas gereja GBKP jadai sada tradisi nehken persembahen kerja rani eme ungkapen pengataken bujur man Dibata. Tradisi enda labo ngenca jemaat i kuta si pada umumna dahinna ku juma. Tapi dahin enda ilakoken jemaat se GBKP ija pa pe biasana enggo itetapken ibas bulan Juli setiap tahunna. Persembahen Kerja Rani ncidahken kinitekenta arah persembahen sibereken kita man Tuhan erkiteken ibereNa kita ngaloken ras ngenanami ulih perjuman sila banci lang jadi kebutuhen kerina manusia.

IV. AKSI PERMATA
PERMATA GBKP pe harus ikut ibas pelaksanan nehken Persembahen Kerja Rani ibas Gerejanta. Bahanlah persembahan rikutken ukur meriah, identifikasi permata si enggo erdahin bagepe si lenga erdahin (sekolah denga), Pepulung jadi sada ras secara kolektif iendesken sanga nehken persembahen e i gereja. Pindoken man Runggun, maka PERMATA GBKP jadi panitia Kerja rani, mempersiapkan acara bagepe ngiahken kerina jemaat berpartisipasi rikutken siterdaftar bas runggun gerejanta, ikut pe KA-KR ras kerina katagorial.

Kerina guna Kemuliaan Tuhan…!!

V. USULEN LAGU

  1. KEE. 459 – “Sendah Kerja Rani “
  2. KEE. 217 – “Meriahlah Ukurta Mujikenca “
  3. KEE. 385 – “Babalah Persembahen Simerimna”

Pdt. Agustinus P. Purba
(Ketua Umum Modramen GBKP)