Bahan Sermon PJJ 13 April 2022

Tema: Umur singgedang.
Masmur 91:16. (HUT Kategorial)

Semua yang hidup terus berjuang, agar memiliki umur yang panjang, maka dalam lirik puisi Chairil Anwar: aku mau hidup 1000 tahun lagi. Doa dan nyanyian pada saat HUT, kelahiran/perkawinan umur panjang

Dalam nats ini Pemasmur menyatakan jawaban doa Musa, saat umat Tuhan mengalami penderitaan yang begitu dasyat yakni berbagai penyakit yang mengerikan termasuk ular beludak yang mengancam kematian, karena ketidakta-atan kepada Tuhan ( 90:7-8,17).

Hingga di Mazmur 91:1-1, bahwa setiap orang yang berlindung kepada Mahatinggi pasti dilindungi dan dilepaskan dari murka Allah dan akan terlepas dari penyakit sampar namun orang-orang fasik pasti mengalami pembalasan.

Mazmur 91, adalah lanjutan sebagaimana doa Musa dalam Maz. 90:12 yang mendahului hikmad tentang hari-hari hidup yang kita jalani di dunia ini.

Mazmur 91 terdiri dari 3 bagian:
ay. 1-2 Ajakan
ay. 3-13 Ucapan peneguhan yang berisi pengalaman
ay. 14-16 Janji Keselamatan

Rencana Allah adalah atas hidup kita, 91:15, yaitu memuliakan orang yang mengasihi-Nya, yang dimulai dari dipilih, dipanggil, dibenarkan dan akhirnya dimuliakan. Perlindungan Allah bagi orang benar adalah pasti, sampai pada keselamatan dalam Yesus Kristus, sehingga perlindungan Allah itu menjadi nyata oleh karena nama-Nya. Walaupun Allah menginjikan berbagi penyakit terjadi, hal itu bukanlah sebagai murka tetapi agar umat-Nya taat dan kembali kepada jalanNya. Ingat bahwa Tuhan selalu ada dan mengutus para malaikat-Nya untuk menjaga kita. Kata: mengenyangkan: orang benar dikenyangkan dengan berbagai kebaikan Tuhan seumur hidup manusia. Tuhan menghendaki semua anak-anak-Nya hidup dalam sukacita, damai, berkat, kesehatan, dan kelimpahan. Dalam masm 90 Tuhan berbicara tentang angka, tetapi dalam mas 91, Tuhan berbicara tentang proses perjalanan kehidupan sampai kematian: hidup dalam hikmad Allah. Artinya bukan hanya kwantitas tapi juga kualitas iman. Hidup Yesus 33 thn.

Tema: Umur singgedang: Makna dan kesaksian hidup menjadi berkat. Hidup ini seperti buku. Cover depan tanggal lahir, cover belakang adalah tanggal kematian. Tiap lembar adalah hari-hari dalam hidup kita.

1. Panjang umur/usia lanjut adalah anugerah dari Tuhan yang dikaruniakan bagi orang yang hatinya selalu melekat dan setia mengasihi Tuhan. Amsal 16 : 31 dikatakan ” Rambut putih adalah mahkota yang indah, yang didapat pada jalan kebenaran. Jadi rahasia umur panjang adalah Takut akan Tuhan dan hidup dalam kebenaran firman Tuhan.

Sangat banyak orang Kristen yang mendapatkan kesempatan untuk hidup sampai tua, namun banyak juga yang rohaninya turun sampai merosot jadi rendah, (sampai banyak melahirkan dosa: membenci, sombong, cinta harta/uang, egois dsb), padahal maksud Tuhan adalah, supaya bisa tumbuh lebih indah dan semua anggota keluarga semakin kuat mengenal Tuhan, keaktifan, dan kesaksian hidupnya semakin menumbuhkan iman sesama.
Panjang umur: kaya pengalaman iman dalam menghadapi berbagi masalah.

2. Kategorial dipakai Tuhan jadi alat pelayanan bagi dunia ini.
Masing-masing kategorial mampu memperlihatkan makna kemandirian dan terus focus kepada arah dan tujuannya. Visi dan misi= jadi teman sekerja Allah dan menjadi berkat bagi dunia dengan tetap berfokus kepada landasan kebenaran Firman Tuhan. (Alkitab): Keluarga, tetangga, dunia kerja, jemaat dan gereja, melalui tri tugas gereja (Koinonia,Marturia, Diakonia) dengan digerakkan oleh tri pelayanan:( mengampuni, mengasihi dan melayani). Pengurus tidak lagi menjadi urusan, tidak lagi jadi pasif, diam, tidak mau tau, tapi mengarahkan tujuan ke depan dan berlari-lari sampai ke tujuan. Kaki di garis start tetapi mata tertuju pada garis finish.

Goal:

  1. Umur Panjang adalah anugrah dari Tuhan, maka jangan hanya berdoa agar umur panjang tetapi mampu menjadi berkat bagi dunia Ketika masih diberi kehidupan ini.
  2. Berlombalah melayani Tuhan, sebab waktu itu selalu ada batas/ waktunya.