Bahan Sermon PJJ 9 Maret 2022

Rekaman kesimpulan Sermon PJJ 9 Maret 2022 dapat di download di sini

 Nats: Kolose 1: 15-20
Tema: Sinasa lit ijadiken arah Kristus, guna Kristus
 

1.Tema Harus disadari, 3:17,23: Kaipe silakoken: ngerana, rukur ras ndalanken ibas perbahanen, kerinana guna kemulian Tuhan. 2. Kol 1:15-20:  Jemaat ditekan dengan ajaran palsu tentang keilahian Kristus. Ajaran ras praktik-praktik palsu enda  sangat besar pengaruhna  terhadap ancaman imannya. Demikian juga tekanan-tekanan dari unsur budaya Taurat dan Jahudi memenimbulkan kebimbangan besar. Paulus memberi pengajaran yang mendasar bahwa Kristus adalah rupa dan gambar Allah Bapa, Pencipta, Kepala Gereja, Dia adalah “kepala semua pemerintah dan penguasa” (ay:10), dan Dia menunaikan misi ilahi-Nya di bawah kuasa Allah Bapa.

Ay. 15-17. Gambar Allah menunjukkan lambang Kristus sebagai penebusan terhadap manusia Adam, di mana Kristus dipandang sebagai manusia sejati yang memenuhi rancangan Allah dalam penciptaan.

 -Pengajaran sesat : (GENOSTIK)
materi adalah jahat maka Allah tidak datang dalam wujud  manusia. Karena itu Allah tidak menciptakan dunia karena Allah tidak menciptakan dosa dan kejahatan, maka Kristus bukanlah anak Allah, dan itulah sebabnya mereka menolak bahwa Kristus adalah jalan kepada keselamatan sebab manusia dapat menemukan Allah melalui pengetahuan, dan ketaatan kepada hukum-hukum yang berlaku. 

– Paulus menegaskan melalui pengajaran:
Yesus Kristus adalah pola dasar, yang keluar dari kemuliaan Allah, dan dapat menjelma menjadi manusia  dan di dalam keadaan-Nya  selalu menunjukkan kemuliaan Allah yang tidak kelihatan” Karena itulah: Kristus adalah gambar dan rupa Allah, Dia adalah Allah itu sendiri yang mati di kayu  salib sebagai manusia yang sejati, Kristus adalah Pencipta segala sesuatu yang ada di sorga dan di bumi, sebab segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia ( ay.16) Kristus  sebelum dunia dijadikan Ia sudah ada, (Joh 1:1-2) dan Kristuslah  yang pertama kali bangkit dari antara orang  mati.  Melalui  kematian dan darah Kristus, manusia berdosa berdamai kembali dengan Allah dan  menempatkan manusia menjadi kudus, dan  tak bercacat dihadapan-Nya, dengan demikian nyatalah bahwa keselamatan hanya ada didalam Kristus. (ay 19-20).

Tema:   Sinasa lit ijadiken arah Kristus, guna Kristus

1. Jemaat harus berakar dan bertumbuh dalam iman yang kuat di sepanjang zaman  agar tidak mudah terombang ambing. 
• D.L. Moody: Setan dan antek-anteknya berusaha dengan cara apa pun, berapa besar pun biayanya, asal nama Yesus dapat dihapus dari dunia ini, sebab nama Yesus adalah momok yang menakutkan, sehingga sangat sulit menjerumuskan manusia ke dalam api neraka.
•Yesus adalah pencipta dan sudah ada pada mulanya, maka Dia bukanlah yang  diciptakan, dan kapasitas-nya sebagai  manusia,  memegang   gelar  nabi,  iman, dan raja, sebagai sumber perdamaian ( 17 butir rumusan PBB) nyata dalam hidup orang percaya. 
•Maka Manusia harus memahami bahwa keselamatan adalah hal utama dan penting, sebab apa gunanya kita memiliki ini dan itu tetapi kita tidak selamat, maka semuanya menjadi sia-sia. Keselamatan itu ada pada Yesus yakni dengan hidup percaya, dan mempercayakan hidup kepadanya.

2. Di dalam Kristus, orang percaya memiliki segala hal, sebab Kristus adalah kepenuhan dalam kemulian Allah.
 Orang percaya harus tetap belajar agar dapat mehami dengan benar bahwa Yesus adalah Tuhan pemahamen itu bukan berdasarkan pemahaman pengetahuan, kepintaran manusia, tetapi dengan menundukkan diri kepada printah dan Firman Allah dengan benar. Contoh: sangapen kalak mere asa simindo: uga maka nterem denga kalak pelit? Sisampat-sampatenlah kam, enterem kalak rubat. 

Goal: Respon terhadap  Firman Tuhan:
Harus disadari bahwa:  Ibas kerina perbahanen yang kita tampilkan, apakah sudah berisi gambar ras rupa Dibata siidah doni enda.
Mat 6:33: Daramilah lebe kinirajanNa ras kerina singena ateNa…… apai nge silebih iutamaken dirinta atau Tuhan.